Bau badan adalah persoalan tersendiri bagi sebagian muslimah. Bau badan cukup mengganggu hingga membuat orang lain tidak nyaman di dekatnya. Memang tidak banyak orang yang mengatakan terganggu meskipun sebenarnya ia terganggu. Namun jika teman-teman menjauh, atau mengambil jarak saat bersama kita, bisa jadi itu sinyal bahwa sebenarnya mereka terganggu dengan bau badan kita.

Bagaimana mengatasi bau badan bagi muslimah? Berikut 6 tipsnya:

Ganti Jilbab

Gantilah jilbab setiap hari. Jangan merasa jilbab masih bersih lalu tetap dipakai. Atau karena malas mencuci. Atau karena sangat sayang dengan jilbab tersebut, lalu tetap dipakai berhari-hari.

Ganti Baju

Gantilah baju setiap hari pula. Khususnya atasan. Jangan merasa cukup hanya dengan ganti jilbab, sementara bajunya tetap. Mungkin kita merasa orang sudah menganggap penampilan kita berubah hanya dengan ganti jilbab. Mungkin kita merasa orang tak terlalu memperhatikan baju kita ketika jilbab kita berubah warna. Tapi cobalah lebih peka bahwa selain penilaian orang lain terhadap warna pakaian, yang lebih penting adalah mencegah diri kita menjadi sumber ketidaknyamanan. Jika kita bau, teman-teman bisa terganggu.
Untuk rok, asalkan masih bersih, bolehlah besuknya dipakai lagi. Rok tidak sesensitif baju yang langsung tercium baunya karena dekat dengan hidung teman-teman kita. Tapi, jangan sampai keterusan rok tidak ganti hingga seminggu.

Pakai anti BB

Salah satu cara mengatasi bau badan adalah dengan anti BB. Misalnya roll on yang dipakai sesudah mandi.

Rajin mandi

Pastikan kita rajin mandi, minimal dua kali sehari. Mandi membuat tubuh bersih dan segar, sekaligus menghilangkan bau tidak sedap.

Gunakan ramuan tradisional

Jika keempat tips tersebut sudah dilakukan tetapi bau badan belum hilang/berkurang, cobalah ramuan tradisional. Konon air sirih yang direbus, diminum segelas sehari, dapat membantu.

Jaga makanan dan minuman

Makanan dan minuman yang kita konsumsi mempengaruhi bau badan kita. Untuk itu, salah satu tips mengatasi bau badan adalah dengan menjaga makanan dan minuman kita. Hindari makanan dan minuman yang mengakibatkan bau keringat semakin tidak sedap.
Bagikan Berita