Sahabat Muslimah, berpikiran positif memberikan keuntungan pada diri sendiri. Salah satunya dan yang terpenting adalah seperti yang disampaikan dalam hadis ini: Sesungguhnya Allah berkata: “Aku sesuai prasangka hamba-Ku pada-Ku dan Aku bersamanya apabila ia memohon kepada-Ku” (HR.Muslim).
Demikian bunyi sebuah hadist Qudsi menjelaskan tentang konsep dasar berpikir positif.
Hakikat berpikir positif adalah yang datang dari Allah SWT selalu baik. Tantangannya adalah, kadang Allah memberikan hikmah dengan cara yang tidak kita sukai. Nah, untuk orang yang berpikir positif, dia yakin bahwa dibalik semua itu ada kebaikan bagi manusia.
كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تَكْرَهُواْ شَيْئاً وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تُحِبُّواْ شَيْئاً وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ وَاللّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ (البقرة: 216)
“… boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 216)
Berpikir positif bukan berarti menganggap semua manusia atau makhluk akan selalu berbuat baik kepada kita. Namun yang selalu baik itu datang dari Allah, bahkan melalui kejadian buruk sekalipun. Kita harus berbaik sangka kepada manusia sambil tetap waspada. Berpikir positif juga bukan berarti semua hal yang salah menjadi baik. Namun kita bisa menemukan kebaikan dibalik kesalahan. Salah tetap salah, namun dibalik kesalahan ada hikmah. Hikmah inilah yang selalu baik.
Berpikir positif juga bisa berarti optimis. Ini kaitannya dengan masa depan termasuk dari yang sedang kita kerjakan saat ini akan memberikan hasil kepada kita. Kebalikannya orang yang pesimis tidak yakin apa yang dia lakukan akan memberikan hasil.
Ada beberapa alasan kenapa kita perlu selalu berpikiran positif selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas yaitu karena berpikiran positf akan membuat kita :
1.Lebih fokus untuk mencapai kesuksesan 
Berpikir positif akan membuat kita lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu sehingga hidup kita lebih teratur sehingga lebih mudah mencapai kesuksesan.
2.Lebih tenang sehingga terhindar dari stress
Dengan menjaga pikiran positif, akan wujud ketenangan dalam diri. Hal ini karena segala sesuatunya dibarengi dengan ketaqwaan kepada Allah SWT. Berserah diri sepenuhya akan ketentuanya, bahwa segala yang datangnya dari Allah SWT adalah yang terbaik untuk kita.
3.Menjadi lebih sehat
Hal yang sangat signifikan kaitannya dengan berpikiran positif adalah tubuh akan menjadi lebih sehat. Berpikiran positif sangat berkaitan erat dengan kesehatan karena pikiran positif akan melahirkan energy positif yang akan membuat tubuh kita juga menjadi lebih sehat. Sebaliknya pikiran dan sifat-sifat negative seperti rasa takut, cemas, iri, cemburu akan memberikan masalah buruk dalam tubuh yang mengakibatkan timbulnya penyakit.
4.Menumbuhkan keyakinan dan percaya diri
Saat berpikiran positif maka pikiran-pikiran buruk akan akan jauh sehingga kita menjadi lebih optimis dan percaya diri. Kembali lagi ke hadis di atas bahwa Allah sesuai prasangka hambanya. Hal ini menimbulkan keyakinan dan rasa percaya diri bahwa pikiran baik yang kita sedang bangun akan mendapat restu dari-Nya.
5.Menumbuhkan keberanian   
Ketika kita berpikiran positif maka segala pikiran-pikiran yang dapat melemahkan hidup kita jadi tersingkir karena yang ada adalah pikiran yang baik-baik saja. Hal ini membuat kita lebih berani mengarungi hidup dan menghadapi segala tantangan.
6.Akan menjadi pribadi yang menyenangkan
Orang yang mempunyai pikiran yang positif tentunya akan menjadi pribadi yang menyenangkan karena segala pikiran hingga tindak tanduknya juga baik terhadap semua orang. Hal ini aka membuat orang di sekelilignya merasa nyaman bersamanya.
7.Menjadi pribadi yang lebih bahagia
Terakhir tentunya adalah berpikiran positif akan membuat kita lebih bahagia karena jauh dari hal-hal yang memberatkan dan mengganggu pikiran. Pikirannya senantiasa bersih dan akhirnya akan melahirkan hati yang baik sehingga hidup akan lebih berarti baik bagi diri sendiri, keluarga maupun teman-teman disekeliling kita. Hal ini kemudian pada akhirnya akan membawa kebahagian buat diri kita sendiri.
Bagikan Berita